Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Kekhawatiran terhadap kondisi janin dalam kandungan adalah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Hal ini, karena orang tua tidak bisa melihat secara langsung kondisi janin dalam kandungan.

Akan tetapi, ibu hamil tak perlu terlalu cemas apalagi merasa takut berlebihan atas tumbuh kembang janin. Memeriksakan kehamilan ke dokter di RSIA Ummu Hani bisa menjadi salah satu solusi memantau perkembangan si buah hati.

Namun demikian, tumbuh kembang janin dalam kandungan tetap bisa dipantau secara kasat mata. Berikut ini, tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan yang perlu orang tua pahami.

Bertambahnya Berat Badan Ibu

Terus bertambahnya berat badan ibu saat hamil adalah salah satu tanda janin sehat dalam kandungan. Karena itu, apabila ibu hamil tidak mengalami kenaikan berat badan yang sesuai dengan usia kehamilan, segera periksakan ke dokter.

Sebab, kondisi tersebut bisa menunjukkan adanya masalah pada kehamilan. Seperti janin tidak berkembang, perkembangan janin terhambat, atau ada masalah lainnya.

Detak Jantung Janin Normal

Selalu pastikan kondisi detak jantung janin dalam kandungan dalam kondisi baik. Periksakan kondisi kehamilan menggunakan peralatan terbaik seperti USG. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai kondisi janin.

Gerak Aktif Janin

Salah satu pertanda janin dalam kondisi sehat adalah adanya gerakan janin. Jika usia kehamilan sudah menginjak 16 hingga 20 minggu, janin akan semakin aktif. Gerakan janin sehat bisa dirasakan sebanyak 6 hingga 10 kali dalam sehari.

Gerakan janin seperti menendang, menggeliat dan memukul akan terus bertambah kuat seiring usia kehamilan ibu. Namun umumnya pada saat kehamilan bertambah besar, gerakan janin akan mengalami penurunan akibat berkurangnya ruang gerak janin yang terus bertambah besar.

Demikianlah beberapa tanda janin dalam kandungan terus mengalami pertumbuhan yang sehat dan sempurna. Selalu lakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan yang terpercaya dan didukung dengan peralatan terbaik.

RSIA Ummu Hani senantiasa memberikan pelayanan kesehatan terbaik terhadap ibu dan anak dengan menyediakan dokter dan fasilitas kesehatan berkualitas. Segera hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk informasi jadwal dokter dan pelayanan kesehatan.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *