Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Bau mulut bisa mengganggu aktifitas berbicara dengan orang lain. Makanan bisa menjadi pemicu terjadinya bau mulut. Terlebih jika Anda tak bisa menjaga kebersihan mulut.

Berikut ini sejumlah kebiasaan yang bisa memicu mulut berbau tidak sedap.

Tidak menjaga kebersihan mulut

Saat mulut dikotori oleh sisa-sisa makanan, akan terbentuk lapisan transparan yang disebut plak yang merupakan tempat bakteri berkembang. Sikat gigi dan juga sikat lidah bisa membantu Anda untuk kebersihan mulut. Periksakan juga gigi secara teratur untuk meminimalkan risiko serangan penyakit mulut.

Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru, tapi juga menghadirkan noda pada gigi dan iritasi gusi. Kondisi ini tentu saja jika tak ditangani akan menyebabkan sakit gigi dan radang gusi. Kedua faktor ini yang menyebabkan terjadinya bau mulut.

Efek menjalani diet

Diet karbohidrat dapat menyebabkanbau mulut. Sebab, ketika kekurangan karbohidrat, secara alami tubuh akan memecah lemak. Lalu terbentuklah bahan kimia yang disebut keton. Zat inilah yang dapat menyebabkan bau mulut.

Mengonsumsi makanan beraroma tajam

Makanan beraroma tajam bisa meninggalkan bau tidak sedap pada mulut. Begitu juga dengan konsumsi kopi dan minuman beralkohol. Agar terhindar dari bau mulut, hindari mengonsumsi makanan dan minuman seperti ini.

Memiliki Penyakit

Ketika sedang kondisi tidak sehat, mulut menjadi kering yang kemudian produksi air liur menjadi berkurang. Kondisi ini membuat bakteri menjadi lebih mudah berkembang dan akhirnya memunculkan bau mulut. Penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut adalah diabetes, bronkitis, sinusitis, penyakit paru-paru, tonsillitis dan sinusitis.

Untuk mendapatkan penanganan terbaik, selalu untuk berkonsultasi dengan dokter terbaik di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi pelayanan RSIA Ummu Hani.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *