Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

BENARKAH KOMPRES ES DAPAT MEREDAKAN MEMAR?

Memar sering kali muncul tanpa penyebab dan rasa sakit. Sering terdapat mitos bermacam-macam tentang penyebab dan cara mengatasinya. Pada informasi kesehatan ini akan menjelaskan tentang penyebab dan cara mengatasinya.


Pasti anda pernah melihat kulit berubah menjadi warna biru, hijau atau keunguan atau biasa dikenal dengan memar.  Pada kondisi tertentu memar tidak memiliki penyebab yang jelas dan dalam istilah medis dikenal dengan purpura simplex. Memar terbentuk ketika pembuluh darah yang terletak di dekat permukaan kulit pecah sehingga sejumlah darah bocor ke jaringan dibawah kulit. Darah yang menyebar ke jaringan dibawah kulit dapat menyebabkan tanda hitam dan biru yang akan memudar seiring dengan penyembuhan.
Memar terkadang disertai dengan nyeri dan bengkak. Memar dapat disebabkan karena keseleo, cedera, dan luka. Memar dapat memudar sekitar 2 minggu bahkan hingga berbulan-bulan.

Bagaimana cara menghilangkan memar?
Memar dapat sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan. Namun untuk mempercepat penyembuhan dapat dilakukan beberapa hal, seperti:

  • Kompres memar dengan menggunakan es yang dibungkus dengan handuk selama 10-20 menit. Ulangi beberapa kali sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika memar berada pada lengan dan kaki, ketika tidur posisikan berada lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah ke daerah yang terluka.

Tidak ada obat yang dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya memar. Umumnya dokter hanya menyarankan untuk menghindari obat yang mengandung aspirin. Konsumsi aspirin dapat memperparah kondisi memar.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?

  • Terdapat rasa nyeri selama tiga hari setelah mengalami luka ringan pada pembengkakan yang terjadi
  • Sering mengalami memar dengan ukuran yang besar dan menimbulkan rasa nyeri, terutama jika muncul pada bagian punggung atau wajah atau tanpa penyebab yang jelas
  • Memiliki riwayat mudah mengalami pendarahan atau mudah mengalami memar
  • Terdapat benjolan pada memar
  • Mengalami pendarahan yang abnormal
  • Memiliki riwayat keluarga mudah mengalami memar atau pendarahan

Mitos dan fakta tentang memar
Menggosok memar dengan menggunakan telur rebus untuk melancarkan sirkulasi darah
Fakta:  Menggosok memar dengan menggunakan telur rebus dapat  menyebabkan pendarahan internal menjadi lebih parah. Terapi untuk memar yang terbaik adalah dengan mengompres menggunakan es untuk mengurangi pendarahan internal. Namun, es tidak boleh langsung menyentuh kulit. Bungkus es dengan menggunakan handuk untuk mengompres memar.

Mengompres panas pada bagian tubuh yang memar atau cedera
Fakta: Kompres dingin merupakan cara terbaik untuk mengatasi pembengkakan. Panas dapat memperburuk terjadinya radang pada luka.

SalamUmmuhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *