Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Tidak sedikit suami dan istri yang memahami bahwa kondisi kesehatan ibu hamil sangat memengaruhi kondisi janin. Termasuk juga dengan kesehatan mental ibu saat masa kehamilan juga memengaruhi tumbuh kembang janin.

Hal ini karena pada dasarnya ketika ibu hamil mulai stres, tubuhnya akan mendapatkan sinyal selayaknya keadaan bahaya. Kondisi stres ini bila berkepanjangan maka dampak buruknya terhadap janin bisa semakin lama.

Karena itulah, baik ibu ataupun ayah harus bisa mengelola stres yang muncul saat masa hamil. Managemen stres akan menekan risiko ibu hamil bereaksi dan respons berlebihan.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa risiko bagi ibu dan janin yang muncul ketika stres di masa hamil tak dikelola dengan baik.

Mempengaruhi tumbuh kembang janin

Stres yang tidak dibarengi dengan pengelolaan terhadap stres akan memicu kelahiran bayi dengan berat badan rendah atau ganguan pertumbuhan otak. Kondisi itu bisa memicu menurunnya aliran darah ke rahim.

Memicu kelahiran prematur

Ketika ibu hamil mengalami stres, terutama pada trimester pertama, plasenta meningkatkan produksi hormon pelepas kortikotropin (CRH). Hormon ini bertugas mengatur durasi kehamilan. Kadar hormon tersebut yang lebih tinggi dari seharusnya dapat mempercepat durasi kehamilan, sehingga bayi berisiko lahir prematur.

Berkurangnya asupan oksigen untuk janin

Ibu hamil yang merasa cemas akan memproduksi hormon epinephrine dan norepinephrine. Yang mana hormon itu berefek mengencangkan pembuluh darah dan mengurangi suplai oksigen ke rahim.

Ketika seorang ibu hamil mengalami stres sebenarnya merupakan kondisi yang normal. Akan tetapi, jangan biarkan stres muncul berkepanjangan dan menjadi makin parah. Suami dan istri perlu bekerjasama untuk mengatasi masalah stres ini.

Konsultasikan secara rutin juga kepada dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga untuk mengetahui pertumbuhan janin dari waktu ke waktu. Sehingga, risiko munculnya hal-hal yang tak diinginkan semakin kecil.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter kandungan RSIA Ummu Hani dan layanan lainnya.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *