Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Salah satu aktifitas yang tak boleh dilewatkan oleh ibu hamil ialah konsumsi buah-buahan. Ketika ibu hamil mengonsumsi buah-buahan, maka ia sedang memberikan asupan vitamin dan mineral bagi pertumbuhan janin.

Buah-buahan akan memberikan asupan yang cukup vitamin A, B, C hingga asam folat. Yang mana vitamin dan mineral itu dibutuhkan untuk membantu perkembangan sel dan jaringan janin, pembentukan tulang rawan, tendon, dan kulit.

Setidaknya ada tiga buah yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mendukung perkembangan janin.

Alpukat

Buah yang mengandung asam folat ini menjadi nutrisi penting untuk memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru pada trimester pertama kehamilan. Asam folat juga telah terbukti menurunkan risiko cacat lahir. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang membantu melindungi ibu dari penyakit jantung.

Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin C dan vitamin E serta menjadi sumber serat yang baik dan mengandung asam folat. Pepaya juga bermanfaat untuk mencegah dan mengendalikan sembelit serta nyeri ulu hati. Namun, jangan konsumsi pepaya mentah, karena dapat memicu kontraksi pada rahim. Konsultasikan dengan dokter sebelum konsumsi pepaya.

Jus Jeruk

Buah dengan kandungan vitamin C baik untuk dijadikan menu harian ibu hamil, demi memaksimalkan asupan zat besi. Konsumsi buah jeruk dapat dilakukan dengan menjadikannya jus yang segar.

Pastikan Anda mengonsumsi buah-buahan dalam kondisi bersih. Mencuci dengan air bersih yang mengalir akan menghilangkan parasit toxoplasma. Yang mana bisa membahayakan janin Anda.

Selain konsumsi buah-buahan, senantiasa konsultasikan tumbuh kembang janin kepada dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu & Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk penanganan segera.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *