Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Membangun ikatan batin antara orang tua dan bayi adalah salah satu hal yang tak boleh disepelekan. Kedekatan dan rasa kasih sayang sangat penting untuk membangun karakter anak.

Ikatan batin itu tak hanya bisa dibangun dengan memberikan asi, akan tetapi memberikan perhatian dan kasih sayang dalam setiap interaksi antara orang tua dan anak.

Dikutip dari sejumlah sumber, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar jalinan ikatan batin antara orang tua dan bayi semakin kuat;

Berpelukan

Salah satu sentuhan orang tua yang besar efeknya pada bayi adalah pelukan. Pelukan itu menunjukan bahwa orang tua sangat perduli terhadap bayi. Pelukan juga salah satu cara non verbal untuk meyakinkan bayi bahwa dia bisa nyaman bersama orangtua.

Pijatan Bayi

Melakukan pijatan bayi akan semakin mendekatkan orang tua dan bayi melalui sentuhan-sentuhan langsung. Cara membangun interaksi ini relatif mudah dan bisa dilakukan setelah mandi ataupun sebelum tidur.

Kontak Mata

Ketika menyusui bayi, cobalah melakukan kontak mata dengan cara memandangnya. Ini adalah cara berkomunikasi yang bisa membantu memberikan kenyamanan dan rasa aman pada bayi.

Tersenyum

Dengan melakukan senyuman, akan merangsang bayi untuk merasa bahagia. Dan bila bayi sudah senyum maka, rasa kasih sayang akan semakin kuat di antara orang tua dan bayi.

Demikianlah beberapa cara untuk membangun rasa kasih sayang ibu dan bayi. Interaksi ini penting untuk membantu pertumbuhan optimal bayi.

Konsultasikan kesehatan bayi Anda ke Rumah Sakit Umum Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan jadwal dokter.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *