Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Wortel merupakan sumber bagi berbagai vitamin. Mulai dari vitamin A, C, D, dan vitamin E. Wortel juga menjadi sumber karotenoid atau beta-karoten yang kaya serat dan mampu menjadi antioksidan yang baik.

Sayuran yang sangat mudah didapatkan dan sangat dekat dengan keluarga ini memang punya manfaat yang cukup beragam. Yakni, berguna menjaga kesehatan perut dan usus agar terhindar dari diare dan sembelit.

Lalu, apa saja manfaat utama wortel? Berikut ini dua manfaat utama wortel bagi keluarga Anda.

Meningkatkan kadar antioksidan dan menjaga sistem kardiovaskular

Meminum sekitar 480 mL jus wortel segar bisa meningkatkan kadar antioksidan dan menekan peroksidasi lipid. Mengonsumsi jus wortel secara teratur dengan diimbangi dengan diet sehat mampu mengubah profil lemak atau lipid yang merugikan di tubuh.

Peningkatan kadar antioksidan dipercaya mampu menjaga fungsi jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Asupan serat dari wortel berguna untuk mencegah risiko penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan sistem imun

Beta-karoten dari wortel akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Yang mana, vitamin A berperan dalam meregulasi sistem imun, melawan infeksi, dan menstabilkan jumlah sel-T sebagai sel petarung di dalam sirkulasi darah.

Mengonsumsi wortel salah satunya bisa dilakukan dengan membuatnya menjadi jus. Cara pembuatannya mudah namun tak mengurangi khasiatnya. Selain itu, jus wortel bisa dibeli di supermarket yang sudah berbentuk kemasan.

Namun, sebaiknya Anda dan keluarga tidak mengonsumsi jus wortel dengan porsi yang berlebihan. Sebab, mengonsumsi wortel secara berlebihan menyebabkan karotenemia yaitu ketika kandungan karoten terlalu tinggi di dalam darah.

Konsultasikan kebutuhan asupan vitamin keluarga Anda kepada dokter terbaik di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi pelayanan lainnya.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *