Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Bayi mempunyai cara tersendiri dalam mengekspresikan diri dan juga berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Karena itu, menanggapi isyarat dari bayi secara tepat bisa menjadi sarana pembelajaran komunikasi sekaligus memperkuat ikatan antara ibu dan anak

Namun membaca ekspresi yang diberikan Si Kecil membutuhkan kesabaran dan kemauan. Berikut ini beberapa panduan untuk membaca ekspresi buah hati Anda.

Gembira

Ketika gembira, bayi akan tersenyum lebar hingga pipinya terangkat dan bagian ujung mata mengerut. Selain itu, bayi juga melambai atau bertepuk tangan sambil mengoceh. Respon perasaan positif bayi ini agar ia memiliki rasa percaya diri.

Tertarik

Salah satu tanda bayi merasa tertarik ialah ia membuka kelopak matanya lebih besar dan menurunkan atau menaikkan alisnya. Mungkin mulutnya akan terbuka sambil memekik dan bergerak menuju hal yang dia sukai. Rasa tertarik ini bisa direspon dengan bermain bersama dengan benda yang menarik baginya.

Tidak Nyaman

Bayi menangis bahkan hingga menggeram menjadi salah satu tanda bahwa si bayi merasa kurang nyaman. Wajah mengerut sambil mengangkat kaki ke dadanya. Cek sumber ketidaknyamanan bayi agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Bosan

Bayi mencari perhatian dengan berteriak, menangis, atau melemparkan mainan ialah pertanda ia sedang bosan. Anda bisa mengajak bayi tersayang untuk melihat-lihat hal disekitar untuk membuang kebosanannya.

Marah

Rasa marah bayi diekspresikan melalui tangisan, wajah berwarna merah dengan mata yang menyipit. Cobalah memberikan apa yang dibutuhkannya, mungkin suasana yang nyaman atau yang lainnya.

Pada dasarnya Si Kecil akan meniru ekspresi dari orang di sekitarnya, terutama dari Bunda. Dia akan belajar mengetahui bagaimana ekspresi wajah saat ketakutan, gembira, dan sedih.

Pastikan Anda memerhatikan kondisi anak kesayangan secara menyeluruh. Apabila terdapat tanda-tanda yang mencurigakan pada kesehatannya segera konsultasikan kondisinya kepada dokter terbaik di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter dan layanan kesehatan lainnya di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *