Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Salah satu penyakit yang harus diwaspadai akan menyerang anak-anak ialah Demam Berdarah Dengue (DBD). Sebab, jika tidak dicegah, penyakit dengan perantara nyamuk ini bisa berakibat pada kematian penderita DBD.

Penyakit ini memiliki berbagai gejala saat kemunculannya, hanya saja sebagian anak bis asaja tak merasakan gejala-gejala tersebut. Gejala ringan biasanya akan muncul selama rentan waktu empat hari hingga dua minggu setelah anak digigit nyamuk Aedes aegypti.

Beberapa gejala-gejala demam berdarah pada anak di antaranya demam mencapai 40° Celcius, rasa sakit pada bagian belakang mata, sendi, otot, ataupun tulang, sakit kepala parah, mudah mengalami memar, munculnya ruam hingga pendarahan ringan melalui hidung atau gusi.

Ketika anak mengalami demam berdarah, orang tua sebaiknya jangan langsung panik. Berikan penanganan awal agar keadaan anak tidak semakin memburuk. Penanganan itu di antaranya minta anak untuk beristirahat untuk memulihkan tenaga.

Kemudian, berikan cairan untuk mencegah dehidrasi, berikan asupan makanan bergizi dan tentu saja periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.

Konsultasikan kondisi kesehatan anak kepada dokter anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi layanan kesehatan keluarga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *