Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Setiap ibu hamil tidak boleh mengabaikan risiko penularan virus hepatitis B kepada buah hati. Sebab, virus hepatitis B bisa menyebabkan janin dalam kandungan mengalami berbagai penyakit hati.

Penyakit hati tersebut misalnya adalah sirosis hati, pengerutan hati, kerusakan hati, liver bahkan kanker. Karena itu, deteksi dini virus hepatitis B bagi ibu hamil sangat diperlukan.

Dengan deteksi ini tersebut, jika ibu hamil positif terkena virus itu maka paramedis harus mencegah terjadinya penularan virus dari ibu hamil ke janin. Dengan begitu, kelahiran bayi yang mengidap virus hepatitis B akan ditangani dengan tepat.

Diagnosis hepatitis B dilakukan melalui pemeriksaan darah. Yang perlu diperhatikan adalah pendeteksian hepatitis B surface antigen (HbsAg). Yang mana, HbsAg ialah lapisan luar virus hepatitis B yang memicu reaksi dari sistem kekebalan tubuh Anda.

Selain itu, dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk menjalani pemeriksaan yang lebih spesifik, yaitu evaluasi fungsi hati. Pemeriksaan ini juga dilakukan melalui tes darah untuk mengetahui adanya risiko kerusakan hati.

Karenanya, selalu konsultasikan kondisi kehamilan kepada dokter di RSIA Ummu Hani Purbalingga. Jika membutuhkan penanganan segera, hubungi segera Salam Ummu Hani di 0281 891373.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *