Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Kehamilan membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Kondisi ini tentu saja membutuhkan pencegahan yang tepat sehingga tidak menjadi masalah yang lebih serius.

Berikut ini adalah beberapa infeksi umum yang dapat menyerang wanita pada masa kehamilan.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi yang satu ini terjadi saat bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Gejala infeksi saluran kemih di antaranya seperti rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, bau urin yang menyengat mual hingga demam.

Ketika tidak segera diatasi, infeksi saluran kemih ini dapat menimbulkan infeksi pada ginjal dan berakhir dengan kelahiran prematur.

Infeksi Jamur

Infeksi jamur vaginitis ini muncul ketika kondisi vagina terganggu oleh faktor internal atau eksternal sehingga memicu pertumbuhan jamur mikroskopis secara berlebihan.

Infeksi jamur terjadi pada ibu hamil karena adanya perubahan hormon yang berdampak pada kondisi vagina. Wanita yang terkena infeksi jamur biasanya mengalami keputihan serta gatal-gatal.

Vaginosis Bakteri

Kondisi ini terjadi dikarenakan terganggunya keseimbangan bakteri di vagina. Meski tidak menimbulkan rasa sakit maupun gatal, bakteri ini menyebabkan keputihan dan aroma vagina yang tidak sedap bagi penderitanya.

Toksoplasma

Infeksi toksoplasma ditularkan dari kotoran hewan peliharaan, terutama kucing. Umumnya wanita sudah memiliki virus tokso di dalam dirinya sebelum kehamilan dan karenanya telah membangun antibodi untuk melawan virus tersebut.

Infeksi toksoplasma saat hamil berpotensi menyebabkan kebutaan dan kerusakan pada otak bayi. Karenanya, hindari penanganan kotoran hewan saat hamil dan selalu pastikan kematangan makanan.

Konsultasikan kondisi kesehatan kehamilan Anda kepada dokter terbaik di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter dan layanan kesehatan lainnya di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *