Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Virus HIV adalah virus yang dapat menyebabkan seseorang mengidap AIDS. Virus inipun bisa ditularkan. Sebab itulah, infeksi HIV pada ibu hamil pun sangat bisa menembus ke janin.

Secara umum, di Indonesia sendiri, kasus penularan virus HIV dari ibu ke bayi saat hamil masih banyak terjadi. Hal ini karena kebanyakan ibu tak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi.

Karena itulah, pada masa kehamilan, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan darah, termasuk tes HIV. Ibu tidak perlu merasa khawatir, hasil pemeriksaan biasanya menjamin kerahasiaan Anda.

Dengan mengerti kondisi ibu hamil dan janin, maka dokter ataupun bidan yang merawat bisa menyiapkan langkah-langkah khusus. Jika ternyata ibu positif HIV, penanganan medis akan dilakukan untuk mengurangi risiko penularan HIV kepada bayi.

Jika ibu hamil terdeteksi HIV lebih dini, maka risiko untuk menularkannya pada janin menjadi semakin kecil. Ada pengobatan yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Jika ibu positif HIV, proses kelahiran pun akan disarankan dengan proses operasi sesar. Dengan melakukan operasi sesar, maka bayi tidak akan terpapar cairan vagina, yang merupakan salah satu media penularan virus HIV.

Konsultasikan kondisi ibu di masa awal kehamilan kepada dokter RSIA Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi layanan dan jadwal dokter RSIA Ummu Hani.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *