Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Tumbuh kembang bayi sudah tentu mendapatkan perhatian dari orang tua. Salah satu hal yang sudah tentu diperhatikan ialah pertambahan berat badan si kecil.

Perubahan berat badan pada buah hati adalah hal yang wajar, di masa pertumbuhannya. Namun, bagaimana jika berat badan si kecil mudah turun tapi susah naik lagi.

Pada dasarnya, pertambahan berat badan bayi bisa dilihat setiap triwulan. Pada triwulan I, kenaikan berat badan akan berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan.

Sedangkan pada periode triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan. Namun, untuk melihat normal dan tidaknya berat bayi adalah ketika usia bayi mencapai 6 bulan dan 1 tahun.

Pada usia 6 bulan, berat badan bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, berat badannya bisa disebut rendah atau bayi kurus.

Jika terdapat kesulitan saat menyusu, ibu bisa berkonsultasi dengan konselor laktasi. Dengan begitu akan diketahui bagaimana penanganan yang optimal masalah berat badan si kecil.

Untuk pemeriksaan fisik guna mengatasi gangguan yang menyebabkan berat badan anak, hubungi dokter spesialis anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter anak serta layanan kesehatan lainnya di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *