Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Beberapa rumah sakit melarang anak-anak di bawah usia 12 tahun ikut membesuk. Meskipun peraturan ini kerap menyulitkan orang tua, namun perlu dipahami bahwa aturan itu dibuat dengan berbagai pertimbangan.

Yang perlu dipahami ialah sejatinya rumah sakit bukan tempat untuk anak-anak. Larangan besuk bagi anak-anak ini bersandar pada dua alasan utama.

Pertama, risiko penularan penyakit. Berbeda dengan orang dewasa, sistem daya tahan tubuh anak belum cukup kuat. Selain rentan, anak-anak juga selalu membutuhkan waktu lebih lama untuk memulihkan diri dari penyakit.

Sementara itu, rumah sakit adalah sarang bagi berbagai jenis organisme penyebab penyakit. Mulai dari bakteri, virus, kuman, hingga toksin. Organisme tersebut bisa menular pada anak-anak dengan mudah.

Salah satu penyakit yang sering ditularkan pada anak yang sering berkunjung ke rumah sakit adalah infeksi paru (pneumonia) karena bakteri. Biasanya gejala penyakit ini baru muncul beberapa hari setelah infeksi.

Kedua, mengganggu pasien. Kehadiran anak-anak di rumah sakit juga mungkin mengganggu pasien. Anak kecil cenderung lebih antusias ketika berada di sebuah tempat dan suasana baru, yaitu di rumah sakit.

Anak yang belum mampu mengendalikan dirinya bisa menganggu istirahat pasien lain. Selain itu, anak yang berlarian dan bermain di rumah sakit juga mungkin menyulitkan kerja perawat yang bertugas.

Lalu, bagaimana kalau terpaksa harus bawa anak ke rumah sakit? Pertama, tentu saja pastikan anak sudah diimunisasi, dengan begitu daya tahan tubuh anak jadi lebih kuat.

Kedua, jangan ke rumah sakit saat ada wabah penyakit. Saat di rumah sakit, juga usahakan untuk tidak berlama-lama. Sebaiknya segera pulang setelah jam kunjung usai.

Ketiga, ingatkan anak untuk menjaga ketenangan. Jelaskan pada anak pentingnya menjaga ketenangan di sana. Beri tahu bahwa ia tidak boleh sembarangan menyentuh barang-barang yang ia lihat.

Demikian beberapa ulasan tentang perlu tidaknya membawa anak besuk ke rumah sakit. Konsultasikan kesehatan keluarga Anda ke dokter Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani jika anak mengalami gangguan kesehatan.

Hubungi segera Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter dan layanan kesehatan di RSIA Ummu Hani Purbalingga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *