Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

TUMBUH kembang anak terlihat jelas dari konsumsi gizinya. Jika anak sehat dan bergizi baik, maka perilaku dan perkembangan fisiknya pun akan tumbuh secara optimal. Lalu, seperti apakah tanda umum anak bergizi baik?

Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) menyebutkan bahwa paling tidak ada lima tanda anak bergizi baik. Tanda-tanda itu di antaranya;

Bertambah umur, bertambah padat, bertambah tinggi.

Anak sehat mempunyai tulang dan otot yang sehat dan kuat. Ini karena mereka mengonsumsi protein dan kalsiumnya dengan cukup. Jika kebutuhan protein dan kalsium terpenuhi, massa tubuh pun akan bertambah dan anak akan bertambah tinggi.

Rambut berkilau dan kuat.

Dengan rajin konsumsi protein dari daging, ayam, ikan dan kacang-kacangan, akan membuat membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Rambut yang sehat dapat melindungi kepala si anak.

Wajah ceria, mata bening dan bibir segar.

Mata yang sehat dan bening diperoleh berkat konsumsi vitamin A dan C dari buah tomat dan wortel. Bibir segar didapat dari vitamin B, C dan E seperti yang terdapat dalam wortel, kentang, udang, mangga, jeruk.

Penuh perhatian dan bereaksi aktif.

Fokus pada satu hal adalah hal yang sulit dilakukan anak, terutama anak yang aktif. Tapi jika dia sudah bisa menyelesaikan sesuatu, itu tandanya ia sudah bisa melatih perhatian dan kemampuan fokusnya.

Demikianlah lima tanda anak tumbuh dengan sehat. Bila diperlukan, selalu konsultasikan perkembangan anak dan ibu ke dokter terbaik di RSIA Ummu Hani Purbalingga. Dengan begitu, penanganan kesehatan akan lebih optimal.

Hubungi segera Salam Ummu Hani di 0821 893737 untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik bagi keluarga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *