Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

SETIAP orang berharap memiliki anak yang sehat dan pintar. Harapan tersebut bisa diwujudkan jika ibu hamil juga mendapatkan asupan makanan yang bergizi.

Beberapa jenis makanan diyakini mampu meningkatkan daya ingat bayi, mampu meningkatkan kemampuan bayi untuk belajar serta bisa menunjang perkembangan otak secara keseluruhan.

Dikutip dari sejumlah sumber, berikut beberapa makanan ibu hamil yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan otak bayi.

Telur ayam

Telur ayam sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Kandungan kolin dalam telur membantu pertumbuhan otak janin serta dapat menurunkan risiko cacat bawaan berupa kelainan pada tabung saraf.

Salmon dan ikan laut lain

Ikan laut sert salmon mengandung asam lemak omega 3 yang berperan aktif mendukung perkembangan saraf otak. Namun, konsumsi ikan laut tetap perlu dibatasi, yakni sebanyak dua porsi tiap minggu saja untuk menghindari risiko keracunan merkuri.

Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak merupakan sumber protein, vitamin B dan zat besi. Protein dapat membantu perkembangan janin dan pertumbuhan otot. Vitamin B membantu perkembangan otak dan jaringan tubuh. Sedangkan zat besi dapat mencegah kelahiran bayi dengan berat badan rendah.

Sayur-sayuran berdaun hijau

Sayur berdaun hijau, tomat dan pepaya mengandung antioksidan yang akan mencegah kerusakan jaringan otak janin. Perhatikan, selalu cuci sayur-sayuran dan buah-buahan secara cermat sebelum dikonsumsi.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber makanan yang kaya kandungan magnesium. Magnesium membantu perkembangan sistem saraf pada janin, sekaligus menekan risiko persalinan prematur. Seperempat cangkir saji kacang almond mengandung sekitar 98 miligram magnesium.

Polong-polongan

Polong-polongan merupakan salah satu sumber makanan dengan zat besi yang tinggi. Bagi ibu hamil, zat besi sangat penting untuk menjaga asupan oksigen pada janin. Kekurangan oksigen dapat menghambat pertumbuhan fisik janin, termasuk otak.

Mulai sekarang, cukupi ibu hamil dengan asupan makanan yang bergizi. Yang perlu diingat, kandungan gizi makanan bukan hanya untuk ibu hamil namun juga untuk janin di dalam kandungan.

Konsultasikan menu makanan sehat bagi ibu hamil kepada dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Kontrol tumbuh kembang bayi untuk mendukung bayi lahir sehat dan pintar.

Hubungi segera Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter dan layanan emergency di RSIA Ummu Hani.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *