Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Penyebab alergi pada anak dapat berupa makanan, zat yang dihirup, obat, maupun bahan yang berkontak dengan kulit. Akan tetapi, alergi yang paling sering terjadi adalah alergi makanan.

Tidak sedikit juga jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi pada Si Kecil justru merupakan jenis makanan yang memiliki nilai nutrisi penting. Berikut ini beberapa jenis makanan yang paling sering menjadi penyebab alergi pada anak.

Susu

Kandungan nutrisi seperti kalsium dan vitamin D berperan penting dalam pertumbuhan Si Buah Hati. Selain diminum langsung, susu juga sering ditemukan dalam produk makanan seperti kue atau biskuit.

Bila Si Kecil alergi susu, alternatif seperti susu kedelai, susu almon, atau santan dapat diberikan. Selain itu, konsumsi telur dan sayur-sayuran juga perlu ditingkatkan untuk memberinya protein dan kalsium.

Telur

Mencari alternatif untuk telur memang bukan perkara mudah.Namun kandungan nutrisi protein dalam telur dapat diberikan melalui sumber makanan seperti daging dan ikan. Untuk menggantikan peran telur dalam pembuatan kue, alternatif seperti saus apel, pisang, atau pure buah lain dapat digunakan.

Ikan

Jika anak alergi terhadap ikan, maka konsumsi minyak ikan pun dihindari. Asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh dapat tetap diberikan melalui alternatif berupa sayur-sayuran hijau, minyak kedelai, dan minyak kanola. Untuk memenuhi kebutuhan protein si Kecil, konsumsi daging merah dan kacang-kacangan dapat menjadi pilihan Bunda.

Kacang pohon

Anak-anak menyukai rasa dan tekstur kacang-kacangan. Kacang tanah sebenarnya berbeda dengan kacang pohon, almond dan walnut. Namun anak bisa saja alergi pada keduanya. Alternatif untuk kacang-kacangan dapat berupa biji bunga matahari, kacang hijau, atau kacang kedelai.

Gandum

Gandum merupakan salah satu penyebab alergi terbanyak. Berbagai makanan dan saus mengandung gandum di dalamnya, sehingga orang tua harus berhati-hati dalam memilih.

Alternatif untuk mengolah makanan dari gandum adalah tepung bebas gandum seperti yang terbuat dari kelapa, almond, oat, atau beras.

Memiliki alergi makanan tidak berarti membuat si Kecil kehilangan kesempatan menikmati makanan dan memperoleh nutrisinya. Pemahaman dan pengetahuan orang tua menjadi hal yang sangat penting dalam situasi ini.

Konsultasikan risiko alergi pada anak kepada dokter anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi segera Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan penanganan segera atau informasi pelayanan lainnya.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *