Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Asam urat ialah nyeri sendi karena asam urat di dalam darah sudah terakumulasi di sekitar sendi dan membentuk kristal. Salah satu pemicunya ialah kadar asam urat yang sudah tinggi.

Tubuh memproduksi kadar asam urat untuk memecah purin. Yakni zat yang terbentuk alami di dalam tubuh. Purin juga dapat ditemukan pada beberapa makanan.

Semakin banyak kadar purin yang harus dipecah di dalam tubuh maka semakin banyak pula kadar asam urat yang diproduksi oleh tubuh.

Berikut ini sejumlah jenis makanan yang perlu dibatasi konsumsinya bahkan jika perlu dihindari demi mencegah tingkat asam urat naik.

Ikan laut

Meski memiliki berbagai manfaat, namun sebaiknya hindari konsumsi ikan laut jika kadar asam urat sudah tinggi. Contohnya adalah ikan sarden, ikan teri hingga kerang.

Sebab, ikan-ikan yang disebutkan tersebut mengandung tinggi purin. Jika Anda ingin makan ikan, pilihlah salmon, udang, kepiting, lobster, dan tiram.

Daging merah

Daging sapi dan domba tergolong mengandung purin yang tinggi. Agar kebutuhan akan protein tetap terpenuhi dan tetap terhindar dari kadar asam urat berlebihan, pilihlah daging ayam atau protein nabati, seperti kedelai dari tempe dan tahu.

Daging kalkun dan angsa

Daging kalkun dan angsa memang enak namun jika kadar asam urat di dalam darah terbilang tinggi, disarankan untuk menghindari konsumsi kedua daging ini. Jenis daging ini memiliki kandungan purin yang tinggi.

Jeroan

Jeroan termasuk makanan penyebab asam urat tinggi yang benar-benar harus dihindari, terutama jika kadar asam urat Anda sudah di atas normal, sebab hati, otak, ginjal, atau jeroan hewan lainnya mengandung purin yang sangat tinggi.

Minuman manis

Minuman dalam kemasan dengan rasa manis ini meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Sebab, rasa manis dari gula jenis fruktosa merangsang produksi asam urat yang lebih banyak.

Fruktosa juga dapat ditemukan secara alami pada buah seperti apel, pir, anggur dan kurma. Karena itulah, lebih baik makan buah-buahan untuk menyegarkan tubuh.

Sebaiknya Anda dan keluarga mengenali jenis-jenis makanan penyebab asam urat tinggi, karena banyak ditemukan. Lalu untuk penderita penyakit asam urat, batasi dan bahkan hindarilah makanan tersebut.

Jika keluhan akibat tingkat asam urat tinggi masih mengganggu, segera konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Konsultasikan kesehatan keluarga ke Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga.

Hubungi segera Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi layanan kesehatan keluarga di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *