Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Memberikan ASI eksklusif tentu saja sangat baik baik bagi tumbuh kembang anak sekaligus meningkatkan kualitas hubungan antara ibu dan anak. Sayangnya, masih belum banyak ibu yang memahami manfaat ASI eksklusif ini.

Dengan berbagai alasan, banyak ibu menyusui yang lebih memilih susu formula daripada memberikan ASI eksklusif bagi buah hatinya. Berikut ini beberapa manfaat baik ASI bagi bayi yang telah dikutip dari sejumlah sumber.

Meningkatkan kedekatan ibu dan bayi

Ikatan antara bayi dan Anda juga dapat diperkuat selama menyusui. Sudah menjadi rahasia umum jika anak yang mendapatkan ASI eklusif akan cenderung mempunyai kedekatan dan hubungan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang mendapat susu formula.

Lebih mudah dicerna

ASI memiliki cara kerja yang sangat unik, karenanya komponen ASI akan berubah sesuai dengan kebutuhan dan usia sang bayi. Yang mana, kualitas gizi ASI akan semakin baik selaras dengan asupan gizi yang baik kepada ibu.

Tak perlu banyak persiapan dan alat

Selain mudah didapatkan, ASI juga tidak akan basi serta lebih higenis. ASI dihasilkan langsung dari payudara ibu tanpa tercampur bahan kimia, maka ASI yang dihasilkanpun memiliki kualitas yang baik.

Selalu tersedia kapan saja

Bandingkan saja biaya untuk menyediakan ASI dengan membeli susu formula. ASI bisa didapatkan gratis, sedangkan susu formula harganya harus merogoh kocek. Ini akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran keluarga untuk membeli susu formula bayi.

Mengandung faktor pertumbuhan

Kandungan lemak dalam ASI yang tinggi membantu bayi Anda untuk mendapatkan berat badan dengan cepat. Lemak esensial juga menyediakan vitamin A, D & E serta protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi Anda.

Melindungi bayi dari berbagai penyakit dan infeksi

Tahukah Anda jika sel-sel dalam ASI mengandung makrofag, tipe khusus dari sel yang membunuh bakteri, jamur dan virus. Pemberian ASI juga terbukti menurunkan risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, pneumonia, ISPA, hipertensi, malnutrisi, hingga kanker.

Jadi ibu, jangan ragu untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hati Anda. Konsultasikan kesehatan anda dan anak tercinta kepada dokter RSIA Ummu Hani Purbalingga.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter anak di RSIA Ummu Hani.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *