Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) sangat dianjurkan bagi bayi yang baru lahir selama 6 bulan pertama. Hal ini karena ASI memiliki segudang manfaat. Di antaranya yakni menurunkan risiko berkembangnya alergi pada anak.

Sudah banyak penelitian yang mengaji manfaat pemberian ASI dengan turunnya kejadian alergi pada bayi dan anak. Penelitian menyebutkan pemberian ASI eksklusif selama 4-6 bulan cenderung efektif untuk mencegah perkembangan alergi pada 2 tahun pertama kehidupan.

Berikut adalah berbagai hasil penelitian tentang kejadian alergi pada bayi dan anak yang bisa ditekan munculnya berkat ASI.

Dermatitis Atopi

Sejumlah penelitian menunjukkan, pemberian ASI eksklusif paling sedikit 3-4 bulan akan menurunkan peluang timbulnya dermatitis atopi pada bayi dari berbagai spektrum risiko.

Asma

Risiko terjadinya asma pada anak bisa ditekan dengan memberikan ASI eksklusif selama 3-4 bulan. Efek protektif ini sangat nampak pada bayi-bayi yang berisiko tinggi.

Alergi Susu Sapi

Pemberian ASI eksklusif selama 4 bulan dapat menurunkan kejadian alergi susu sapi pada 18 bulan pertama kehidupan. Faktor kekebalan tubuh yang terkandung dalam ASI turut membantu mencegah reaksi alergi.

Secara umum, pemberian ASI eksklusif tak hanya melindungi bayi dari serangan alergi. Tetapi juga dapat menurunkan kejadian dan keparahan berbagai penyakit infeksi serta kejadian obesitas, diabetes melitus tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Untuk mengetahui risiko alergi pada Si Buah Hati, konsultasikan kesehatan bayi Anda ke dokter anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga.

Hubungi segera Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *