Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Perawatan sederhana yang sangat efektif bagi rileksasi tubuh adalah merendam kaki denga air garam. Bahkan, perawatan yang sudah ada sejak dahulu kala ini juga membantu mengatasi berbagai masalah lainnya.

Ketika Anda hendak berendam menggunakan air garam, dianjurkan untuk menggunakan garam yang mengandung magnesium sulfat. Kandungan magnesium sulfat itulah yang dapat membantu meredakan nyeri otot ataupun memar.

Berikut manfaat yang bisa diperoleh dari merendam kaki dengan air garam, yang dikutip dari berbagai sumber.

Menghilangkan bau kaki

Tertutup sepanjang hari membuat kaki menjadi lembab dan menjadi salah satu tempat perkembangbiakan bakteri. Bakteri dan keringat dari pori-pori kaki itulah yang memicu munculnya bau tidak sedap pada kaki.

Cara mengatasinya yakni dengan melarutkan setengah cangkir air garam ke dalam bak besar air hangat dan rendam kaki selama 10-20 menit. Merendam kaki ke dalam air garam dapat mengurangi kelembapan kaki sehingga bakteri enggan menempel.

Merawat kebersihan dan kesehatan kuku

Merendam kaki ke dalam air garam hangat juga efektif untuk menjaga kesehatan kuku kaki. Bagi Anda yang berkuku tebal dan susah dipotong, merendam kaki di dalam air garam sebelum menggunting kuku kaki akan membuat kuku lebih lunak dan mudah dirapikan.

Mengatasi kaki pecah-pecah

Ketika Anda frustasi dengan kondisi kaki kering dan tumit pecah-pecah, merendam kaki pada air garam hangat bisa menjadi solusi. Cara ini juga membantu kaki menjadi lebih rileks.

Mengurangi rasa nyeri pada kaki

Aktifitas berjalan ataupun berdiri terlalu lama akan membuat risiko kaki terasa nyeri semakin besar. Karena itu, ketika kaki merasa kelelahan, segera saja untuk merendam kaki ataupun tubuh di dalam air garam hangat.

Berendam dalam air garam hangat selama 20 menit mampu membuat kaki menjadi rileks dan membantu mengusir rasa nyeri yang muncul. Selain itu, penggunaan garam yang mengandung magnesium sulfat juga bisa membantu menenangkan sistem saraf tubuh.

Mengatasi infeksi jamur pada kaki

Selain menggunakan obat antijamur topikal, masalah infeksi jamur bisa diatasi dengan perawatan sederhana di rumah yakni dengan merendam kaki dengan air garam hangat untuk mengurangi lecet.

Walau banyak manfaatnya, banyak dokter tetap menganjurkan bagi pengidap diabetes untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum berendam air garam hangat. Ini demi menekan risiko munculnya masalah kesehatan lainnya.

Konsultasikan kesehatan keluarga Anda kepada dokter terbaik di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mengetahui jadwal dokter.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *