Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi si penerima darah. Namun juga bermanfaat bagi kesehatan si pendonor. Terlebih jika donor darah itu dilakukan secara rutin.

Dikutip dari Klikdokter.com, berikut penyakit yang bisa dicegah ketika Anda rutin donor darah.

Penyakit jantung

Menurut American Journal of Epidemiology, donor darah dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 33% dan serangan jantung sebesar 88%. Mendonasikan darah setiap 6 bulan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke pada usia 43 hingga 61 tahun.

Mencegah kanker

Donor darah juga dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker. Dengan mendonasikan darah, cadangan zat besi dalam tubuh dapat dijaga dalam jumlah yang sesuai sehingga memberikan perlindungan dari bahaya kanker.

Awet muda

Rutin mendonor darah membuat sel darah akan terus beregenerasi sehingga menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, anda dapat terhindar dari stres dan merasa bahagia akibat menolong orang lain.

Obesitas

Saat mendonorkan darah Anda sebanyak 450 ml, tanpa disadari Anda telah membakar sebanyak 650 kalori. Sehingga dengan rutin mendonorkan darah, anda dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Anda dapat melakukan donor darah secara rutin sebanyak 4 kali dalam setahun dengan interval setiap 3 bulan. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Konsultasi dengan dokter secara teratur di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi layanan kesehatan di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *