Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Hal yang normal terjadi pada bayi adalah gumoh. Meskipun normal, gumoh yang terlalu sering terjadi pada bayi juga tetap harus mendapatkan perhatian dari orang tua.

Sejumlah cara bisa dilakukan ketika bayi sering gumoh. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi gumoh bayi, yang bisa Anda lakukan di rumah.

Memberi makan dalam keadaan tegak

Biasakan memberi makan atau menyusui bayi dalam keadaan lebih tegak, pertahankan posisi tersebut sekitar 20-30 menit setelah pemberian susu atau makan. Posisi ini akan membuat asupan turun dalam saluran cerna. Dan jangan pula langsung mengajak bayi bermain.

Kurangi kapasitas asupan

Coba untuk memberikan asupan susu atau makanan lebih sedikit, namun dengan frekuensi cukup sering. Kemudian biasakan membuat Si Kecil sendawa setiap habis menyusu atau jika perlu lakukan ini di sela menyusu, yaitu sekitar 2-3 menit sekali.

Untuk bayi yang menyusu dengan dot, sebaiknya diperhatikan ukurannya dengan cermat. Dot yang terlalu besar dapat memicu gumoh karena susu yang keluar terlalu banyak untuk bayi, dan jangan biarkan bayi mengisap dari botol dot yang sudah kosong.

Bayi jangan tidur tengkurap

Hindari membiasakan bayi tidur tengkurap. Disarankan bayi tidur dalam posisi telentang, dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi dari badan dan kaki. Hal ini juga dapat menghindari sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS).

Berkonsultasi kepada dokter sangat disarankan untuk mengatasi masalah gumoh yang tidak normal pada Si Kecil. Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga senantiasa siap melayani kesehatan bayi Anda.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *