Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Pada dasarnya, nyeri saat persalinan merupakan reaksi dari kontraksi otot rahim dan jalan lahir yang normal terjadi saat akan melahirkan. Kontraksi ini bertujuan untuk melahirkan bayi dan membuka jalan lahir.

Tiap wanita memiliki pengalaman melahirkan yang berbeda-beda. Termasuk juga dalam hal mengatasi rasa sakit saat bersalin. Ada yang mampu mengatasi secara normal namun juga ada pula yang butuh penanganan medis.

Kondisi penanganan normal dan medis tentu saja sesuai dengan kondisi ibu yang hendak melahirkan. Berbagai prosedur medis akan ditempuh untuk memberikan kenyamanan dan juga mengatasi nyeri persalinan yang akan dijalani.

Berikut ini sejumlah cara mengatasi nyeri persalinan melalui metode sederhana, yang dikutip dari Alodokter.com. Yang mana metode ini tentu saja berbeda keampuhannya dengan metode medis namun tetap bisa membantu mengatasi nyeri saat persalinan.

  • Menaruh botol berisi air hangat yang dibungkus dengan handuk ke bagian tubuh yang terasa nyeri.
  • Memijat bagian tubuh yang sakit. Cara mengatasi nyeri persalinan ini diduga dapat merangsang tubuh untuk melepaskan obat penghilang rasa sakit alami.
  • Berendam di dalam bak berisi air hangat.
  • Melakukan teknik relaksasi seperti menarik napas dalam, mendengarkan musik yang menenangkan atau menggunakan aromaterapi.
  • Minta ditemani oleh suami, orang tua, saudara, atau teman.
  • Duduk di tempat tidur dengan tumpukan bantal menyanggah punggung. Atau jika dokter mengizinkan, cobalah berdiri dan menekuk lutut berkali-kali sambil tangan memegang tepi tempat tidur, atau dinding bersandar di dinding.
  • Berjalan tiap kali kontraksi selesai diduga bisa memperpendek waktu persalinan dan mengatasi nyeri persalinan.
  • Terakhir, jangan lupa mengonsumsi makanan berenergi, karena proses persalinan bisa memakan waktu hingga berjam-jam.

Pelajari dan pilihlah metode yang cocok dan yang membuat ibu hamil merasa tenang dan nyaman. Konsultasikan juga kondisi sebelum melahirkan kepada dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga untuk mengetahui perkembangan janin dan ibu.

Hubungi segera Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi layanan dan jadwal dokter di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *