Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Ibu hamil sangat rentan terhadap infeksi saluran kemih (ISK) karena kebiasaan menahan kencing atau buang air kecil. Karenanya, meskipun kerap merepotkan, ibu hamil disarankan untuk tak menahan kencing terlalu lama.

Berikut ini adalah tips untuk mencegah ISK selama kehamilan, yang dikutip dari Alodokter.com.

Menggunakan pakaian longgar

Pilih pakaian dalam dari bahan katun dan tidak terlalu ketat. Kemudian ganti pakaian dalam setiap hari. Yang tidak kalah penting adalah tidak menahan kencing dalam waktu yang lama.

Atur konsumsi minuman

Hindari minum kopi, teh, atau minuman karbonasi seperti soda karena jenis minuman ini bersifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine dan membuat ibu hamil sering buang air kecil.

Kosongkan kandung kemih

Ketika buang air kecil, kosongkan kandung kemih dengan sempurna. Caranya dapat dilakukan dengan mencondongkan tubuh ke depan saat buang air kecil untuk membantu mengosongkan kandung kemih. Lakukan tetap dengan hati-hati.

Tak perlu menunda

Segeralah buang air kecil dan jangan menunda ketika merasa ingin buang air kecil. Terlalu sering menahan buang air kecil, lambat laun bisa melemahkan otot dasar panggul dalam jangka panjang.

Jika sudah melakukan tips tersebut tetapi tetap merasa gejala ISK, segera konsultasi ke dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Dengan demikian perawatan dan pengobatan ISK dapat dilakukan secara tepat.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter serta layanan kesehatan lainnya di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *