Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Makanan Pendamping ASI atau MPASI memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan bayi. Terutama dalam memberikan energi dan zat gizi yang dibutuhkan bayi.

Selain untuk menyokong kebutuhan nutrisi bayi, MPASI membantu bayi beradaptasi dengan makanan padat serta merangsang kemampuan Si Kecil untuk mengunyah makanan.

Akan tetapi, memberikan MPASI tidaklah mudah. Ibu seringkali mendapatkan tantangan pada proses ini. Salah satunya, bayi terkadang menolak atau malah nafsu makannya berkurang.

Bagi Anda yang khawatir dengan hilangnya nafsu makan si kecil, berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan bayi.

Variasi makanan

Rajinlah untuk memberikan variasi makanan dalam menu MPASI, sehingga bayi dapat mengenal rasa. Hindari penggunaan gula dan garam terlebih dahulu pada pemberian MPASI. Rasa dari sayur, buah, lauk pauk mampu memberikan rasa yang berbeda.

Mengatur menu

Sebaiknya Anda menjadwalkan menu MPASI. Anda dapat mengatur jadwal makanan dari tekstur yang lembek menuju makanan yang padat. Ketika bayi menolak bubur saring, jangan berikan tim terlebih dahulu, namun Anda perlu menambah rasa bahan makanan.

Menggunakan sayuran

Sebaiknya Anda mengenalkan sayuran yang lebih dominan, dikarenakan umumnya buah-buahan berasa manis bisa diterima oleh bayi. Bila memungkinkan pilihlah bahan makanan sayuran segar apalagi bila sayuran organik yang menyehatkan.

Menu yang menyenangkan

Jika bayi yang sudah berusia 12 bulan, tidak disarankan pada anak-anak mendapatkan menu makanan yang sama dalam satu hari. Meskipun memiliki nafsu makan yang tinggi tapi Anda sebaiknya mengimbangkan dengan cemilan jus buah dan sayur yang mereka sukai.

Jika Anda ragu dengan asupan nutrisi pada bayi Anda, segera konsultasikan kesehatan Si Kecil kepada dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *