Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Kulit bayi sangatlah sensitif. Karena itulah, penggunaan produk perawatan bayi yang mengandung bahan kimia, wewangian, dan pewarna pada pakaiannya bisa membuat kulit Si Kecil yang sensitif.

Pemilihan produk perawatan bayi yang tidak tepat berisiko membuat kulit Si Kecil menjadi kemerahan, iritasi, kering, ruam, dan gatal-gatal.

Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu melindungi kulit Si Kecil dari iritasi.

Sering mengganti popok

Ruam popok pada kulit Si Kecil biasanya muncul karena popok jarang diganti. Karena itulah segera mengganti popok usai Si Kecil buang air kecil atau besar.

Jangan tunggu berjam-jam untuk mengganti popok bayi karena apabila dibiarkan dalam waktu lama, kulit bayi akan mengalami ruam dan bahkan infeksi karena iritasi.

Bersihkan daerah kemaluan dengan air dan handuk lembut yang bersih, bukan dengan produk kebersihan bayi yang mengandung pewangi atau alkohol.

Memilih pakaian bayi

Pilihlah pakaian berbahan katun lembut dan selalu mencucinya terlebih dahulu dengan deterjen bebas pewangi sebelum digunakan. Lebih baik lagi jika mencuci pakaian bayi secara terpisah dengan pakaian orang tua.

Sebaiknya Anda mencuci pakaian dan peralatan untuk bayi dengan menggunakan deterjen khusus untuk bayi yang lembut dan tidak mengandung pewangi.

Tidak perlu bedak

Para ahli mengatakan jika partikel bedak bisa terhirup oleh Si Kecil, masuk ke dalam paru-parunya, dan menyebabkan masalah pernapasan. Penggunaan bedak juga tidak diharuskan untuk menjaga kebersihan kulitnya.

Jika ingin memberikan bedak, disarankan tidak memberikan bedak terlalu banyak, cukup oleskan tipis dan ketika Si Kecil mandi, gunakan sabun yang tidak mengandung pewangi, antibakteri atau deodoran untuk memandikan Si Kecil guna meminimalisir iritasi.

Memilih produk bayi

Selalu pilih produk perawatan seperti sabun, sampo, losion, pelembap, deterjen, krim, yang memang khusus dibuat untuk kebutuhan bayi.

Produk untuk bayi umumnya tidak mengandung pewangi atau bahan iritan yang dapat membuat kulitnya iritasi. Orang tua perlu memperhatikan apakah produk yang dipakai cocok bagi Si Kecil atau tidak.

Jika setelah menggunakan produk Si Kecil tampak ruam, gatal, atau rewel karena kulitnya iritasi, segera hentikan pemakaian produk tersebut.

Jika kulit bayi tampak ruam, bentol-bentol, kerak atau luka dan Ia sering rewel karena kulitnya iritasi dan meradang, itu tandanya bahwa Si Kecil tidak cocok dengan produk yang digunakan.

Segera hentikan pemakaian produk dan konsultasikan ke dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga untuk mendapat penanganan dan saran perawatan kulit Si Kecil yang lebih baik.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi layanan kesehatan serta jadwal dokter di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *