Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Meminum air rebusan kacang hijau menjadi salah satu menu favorit ibu hamil. Selain karena faktor mitos positif, kacang hijau jadi pilihan karena kandungan nutrisi dan gizi yang mendukung tumbuh kembang janin.

Sebagian masyarakat masih mempercayai bahwa air rebusan kacang hijau akan membuat rambut bayi lebat. Secara ilmiah, kacang hijau memang mengandung protein dan vitamin B yang merupakan zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut bayi.

United States Department of Agriculture menyebutkan bahwa 100 gram kacang hijau itu mengandung 24 gram protein, 7 gram zat besi, 5 gram vitamin C, 16 gram serat, 1 gram vitamin B, 132 mg kalsium, 3 gram seng, dan beberapa jenis mineral lainnya.

Secara umum, mengonsumsi kacang hijau secara rutin saat hamil sangat baik bagi ibu dan janin. Sebab kandungan kalsium dan fosfornya bermanfaat untuk kesehatan tulang ibu dan janin.

Kandungan zat besi dalam kacang hijau juga bermanfaat mencegah anemia pada ibu hamil serta protein bermanfaat bagi tumbuh kembang janin. Anda bisa mengolah kacang hijau menjadi bubur, puding, atau jus agar lebih nikmat dikonsumsi.

Konsultasikan asupan gizi ibu dan janin kepada dokter terbaik di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi layanan RSIA Ummu Hani.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *