Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Bagi keluarga muda, memiliki anak merupakan kebahagiaan yang tak ternilai harganya. Namun, mereka juga kerap merasa cemas dengan perilaku-perilaku bayinya.

Bahkan, keluarga muda ini sampai bertanya-tanya, “apakah perilaku ini normal?”

Seperti diketahui bahwa bayi baru lahir selalu memiliki perilaku unik, yang berbeda dengan manusia dewasa. Berikut ini ada lima perilaku unik bayi baru lahir yang tak perlu Anda cemaskan;

Bayi yang Menangis.

Jangan buru-buru panik jika bayi Anda menangis. Pada dasarnya, menangis adalah ekspresi bayi terhadap lingkungan di sekitarnya, mulai dari pencahayaan ruang, suhu udara, sakit hingga lapar.

Menangis juga bisa membantu aktifitas paru-paru. Sebab, saat menangis, paru-paru juga langsung berfungsi. Justru kalau bayi Anda tak menangis, kondisi itu patut diwaspadai.

BAB yang Berwarna Gelap.

Bayi yang baru berusia 3-4 hari pertama memang umumnya BAB yang berwarna hitam kehijauan. Tapi, tenang saja, seiring dengan pertumbuhan organ dalamnya, BAB bayi akan menguning.

Kaki dan Tangan Menekuk.

Banyak orang berkeyakinan bahwa membedong bayi kuat-kuat akan membuat kaki dan tangan bayi akan lurus. Anggapan ini kurang tepat. Sebab, kaki dan tangan bayi masih menekuk karena masih butuh penyesuaian kondisi di dalam dan diluar kandungan.

Bayi Suka Tersenyum.

Anda pasti sering melihat anak Anda tersenyum sendiri. Kondisi ini sudah sangat wajar dialami oleh bayi, jadi tidak perlu terlalu khawatirkan kondisi ini.

Bayi Tidur Terus.

Saat usia baru lahir, bayi suka sekali tidur. Malah ada bayi yang apabila tidak dibangunkan bisa tidur seharian. Meski kondisi ini normal, tetapi bangunkan buah hati Anda untuk minum ASI.

Demikianlah beberapa perilaku yang sebenarnya lazim dilakukan bayi baru lahir, namun kerap dicemaskan orang tua. Jadi tak perlu terlalu mudah cemas dengan aktifitas bayi Anda.

Namun, jika ada kondisi emergency, jangan ragu untuk menghubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373. Dokter di RSIA Ummu Hani selalu siap membantu. Karena Kami selalu Melayani Selayaknya Keluarga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *