Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Menstruasi atau haid yang lama dan berlebihan dapat menyebabkan kadar zat besi jadi rendah. Lalu, bagaimanakah haid yang normal dari ukuran waktunya?

Menstruasi biasanya berlangsung selama 2-7 hari. Dengan jumlah darah yang keluar rata-rata setara dengan mengganti 3 hingga 4 pembalut per harinya.

Sementara menstruasi berlebih biasanya berlangsung selama lebih dari tujuh hari dengan perdarahan dua kali lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini bisa menyebabkan pasokan zat besi dan sel darah merah ikut turun.

Jika zat besi dan sel darah merah berkurang ketika menstruasi, organ dan jaringan kita tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Akibatnya, Anda jadi lesu, lelah, kekurangan energi, napas terasa sesak, kulit terlihat pucat, pusing atau sakit kepala, mudah marah, sulit berkonsentrasi, tangan dan kaki dingin, lidah meradang atau terasa nyeri, kuku rapuh, tidak nafsu makan, hingga jantung berdebar cepat.

Segera konsultasikan kepada dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga untuk mengetahui penanganan masalah karena menstruasi tidak normal yang Anda alami.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal praktik dokter di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *