Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Posisi tidur menjadi hal yang penting untuk mendapat perhatian selama masa kehamilan. Janin yang semakin membesar membuat posisi tidur ibu menjadi serba salah.

Kondisi ini tentu saja akan membuat ibu hamil mengalami kesulitan saat tidur. Berikut ini ada tiga hal yang direkomendasikan saat ibu hamil hendak tidur.

Tidur Menyamping

Tidur dalam posisi menyamping ke kiri akan membantu kelancaran sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal.

Posisi menyamping ke kiri membuat bagian abdomen atau perut lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan. Posisi tidur menyamping ke kiri juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan tangan.

Gunakan Bantal

Penggunaan bantal membuat ibu semakin nyaman ketika tidur. Jika ibu hamil merasa sesak napas atau bernapas pendek, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada.

Pengaturan posisi bantal akan membantu ibu hamil mengatasi masalah kesehatan badan. Misalnya jika ibu hamil merasakan sakit pada ulu hati, letakkan beberapa bantal di bagian kepala agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi.

Jangan Terlentang

Sejumlah ahli menyarankan ibu hamil untuk tak tidur dalam posisi telentang. Tekanan pada pembuluh darah utama dan vena cava inferior bisa meningkat bila ibu hamil tidur dalam posisi telentang.

Tekanan ini bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin. Vena cava inferior yang tertekan bisa memicu pembengkakan pada bagian tubuh atau edema.

Selalu konsultasikan kondisi kesehatan ibu hamil kepada dokter terbaik di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan jadwal praktik dokter atau layanan kesehatan lainnya di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *