Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Masa pemberian Makanan Pendamping ASI atau MPASI ialah salah satu masa yang paling penting untuk Buah Hati Anda. Karenanya, asupan nutrisi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Sebab, nutrisi seimbang yang diberikan kepada Si Kecil pada masa MPASI itu akan membantu tumbuh kembangnya optimal. Nutrisi pada MPASI terbagi menjadi makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien atau atau nutrisi utama tersebut adalah karbohidrat, protein dan lemak. Nutrisi ini akan bersumber pada;

Karbohidrat

Sumber karbohidrat pada masa MPASI bisa diberikan oleh nasi, jagung, dan kentang

Protein

Sumber protein dapat diperoleh dari sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, lentil, edamame. Sedangkan protein daging bisa diperoleh dari ikan dan ayam tanpa kulit.

Lemak

Pilihlah lemak yang berjenis lemak “baik”. Seperti yang terkandung pada minyak zaitun, minyak wijen, santan, dan daging tanpa lemak.

Sementara itu, mikronutrien yang sangat dibutuhkan pada MPASI adalah sebagai berikut:

Zat Besi

Pada usia 6–12 bulan, bayi memerlukan zat besi sebanyak 11 mg/hari. Kebutuhan ini dapat dipenuhi sebanyak 0,2 mg per hari dari ASI, sedangkan sisanya diharapkan dapat diperoleh dari asupan MPASI. Sumber zat besi yang terbaik untuk si Kecil adalah bayam, daging merah, dan hati ayam.

Kalsium

Si Kecil membutuhkan asupan kalsium sebanyak 700 mg per hari hingga usia 3 tahun. Sumber kalsium yang baik untuk si Kecil bisa didapatkan dari sayur-sayuran (bayam, brokoli, kubis), kacang-kacangan, ikan, keju, dan yoghurt

Vitamin D

Sumber utama vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari maupun makanan seperti salmon, telur, yoghurt, dan jeruk.

Zink

Zink dibutuhkan si Kecil untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga pertumbuhan tingginya sesuai dengan usia. Sumber zink dapat diperoleh dari kacang-kacangan, daging, dan seafood.

Multivitamin

Multivitamin yang dibutuhkan oleh si Kecil adalah vitamin A, E, dan C. Sumber vitamin A bisa didapatkan dari bayam, tomat, wortel, kuning telur, ikan, daging, dan hati ayam.

Sementara Vitamin E diperoleh dari sayur-sayuran hijau, telur, dan kacang-kacangan. Sementara itu, sumber vitamin C ada pada semua jenis buah, bayam, dan tomat.

Konsultasikan kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil kepada dokter terbaik di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk memperoleh jadwal dokter dan layanan kesehatan lainnya di RSIA Ummu Hani Purbalingga.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *