Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Bulan Ramadan 1438 Hijriyah semakin mendekat. Tidak sedikit ibu hamil yang ragu untuk melaksanakan ibadah puasa ataupun tidak. Kekhawatiran ini karena berkaitan dengan kesehatan janin.

Ketika Anda telah yakin menjalankan ibadah puasa, untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ibu hamil hendak berpuasa.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Terlebih lagi ketika berpuasa. Konsumsi nutrisi itu penting dilakukan ketika sahur. Baik itu protein, karbohidrat, buah ataupun sayuran.

Hindari minuman terlalu manis

Minuman dengan rasa manis berlebihan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Jika hal ini terus dibiasakan dalam hidup kita maka keadaan ini tentunya sangat berbahaya.

Ketika berbuka, kurma menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan karena kurma tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Minum Air Putih Sesuai Aturan

Tidak perlu langsung meminumnya sekaligus. Perhatikan jangka waktu ketika anda minum sesuai dengan kondisi ibu hamil. Terlalu banyak minum air putih saat berbuka membuat perut menjadi tidak nyaman.

Cukup istirahat

Ketika ikut berpuasa ibu hamil disarankan bisa mengatur waktu istirahat. Kurangi beberapa kegiatan yang biasa dilakukan sebelum menjalankan puasa. Jangan sampai ibu hamil merasa kelelahan karena aktivitas yang begitu padat.

Pastikan kondisi kesehatan ibu hamil dan janin sebelum ikut berpuasa Ramadan. Konsultasikan kondisi kehamilan kepada dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga.

Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi layanan kesehatan di RSIA Ummu Hani Purbalingga. [*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *