Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Melatih kemampuan menggenggam ialah salah satu cara untuk melatih keterampilan bayi menggunakan tangan. Meski sudah mulai mengepalkan tangan, bukan berarti Si Kecil sudah mahir menggunakan tangannya.

Untuk mengembangkan kemampuan mengambil atau menggenggam benda tanpa terjatuh, bayi membutuhkan waktu. Berikut ini, cara merangsang bayi untuk meningkatkan kemampuan memegang dan menggenggamnya

Mainan yang menarik

Beirkan mainan yang menarik serta aman kepada Si Kecil. Letakkan mainan yang mudah ia jangkau serta selalu berikan dukungan pada Si Kecil untuk menggapainya.

Melakukan senam ringan

Bantu Si Kecil melakukan senam di lantai. Yakni dengan cara membaringkannya di atas alas yang lembut dan letakkan mainan atau benda yang menarik perhatiannya secara tergantung di atasnya, sehingga ia tertarik menggerakkan anggota tubuhnya.

Memberikan makanan

Ketika sudah berusia delapan bulan, berikan makanan yang dapat dipegang oleh Si Kecil. Hal itu akan mengajari anak untuk belajar menguasai jarinya dengan menjepit atau mengambil makanan tersebut untuk dimasukkan ke mulutnya.

Ketika kemampuan menggenggam belum berkembang sesuai dengan usianya, konsultasikan dengan dokter spesialis anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi jadwal dokter di RSIA Ummu Hani.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *