Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Kesehatan mulut merupakan masalah kesehatan keluarga yang juga perlu mendapatkan perhatian. Sekalipun sudah menyikat gigi, bukan berarti masalah gigi dan gusi tidak akan terjadi

Jika hal itu terjadi, ada kemungkinan cara Anda dan keluarga dalam menyikat gigi masih belum tepat. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat kesehatan gigi dan mulut.

Rutin menggosok gigi

Sebaiknya menggosok gigi dilakukan minimal dua kali dalam satu hari. Yakni, setidaknya pagi dan malam sebelum tidur. Rutin menggosok gigi, terlebih dari kecil, akan membuat kesehatan gigi lebih terjaga.

Namun, sebaiknya jangan terlalu sering menggosok gigi. Misalnya lebih dari tiga kali dalam satu hari. Menggosok gigi secara berlebihan justru bisa merusak email gigi dan membahayakan gusi.

Jangan terlalu kuat & buru-buru

Menggosok gigi terlalu kencang berisiko merusak gigi dan gusi. Apalagi jika dilakukan dengan buru-buru. Kontrol pergerakan sikat dengan baik, cukup pegang gagang sikat gigi seperti memegang pensil, bukan dengan tangan mengepal.

Beri waktu setidaknya 30 detik untuk menyikat tiap sisi deretan gigi. Mulai dari samping kanan, kiri, dan bagian depan.

Sikat lidah dan sisi dalam pipi

Salah satu perawatan kesehatan mulut ialah dengan menyikat secara lembut lidah dan sisi dalam pipi. Ini karena, bakteri juga bisa terdapat pada bagian ini. Aktifitas ini akan membantu Anda dan keluarga untuk mengurangi bau napas tak sedap.

Konsultasikan kesehatan keluarga Anda kepada dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi Salam Ummu Hani di 0281 891373 untuk mendapatkan informasi layanan kesehatan di RSIA Ummu Hani.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *