Rumah Sakit Ibu dan Anak Ummu Hani Purbalingga

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang berperan penting dalam mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, membantu mempertahankan kalsium untuk tulang.

Karenanya, kesehatan organ yang berada di daerah dekat pinggang ini sangat berpengaruh pada kesehatan manusia. Berikut ini tips menjaga kesehatan ginjal;

Mengatur pola makan

Makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam secara organik akan sangat membantu Anda merawat kesehatan, termasuk juga ginjal. Jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, dan konsumsi ikan atau daging putih tanpa lemak.

Aktif Bergerak dan Olahraga

Meluangkan waktu untuk beraktifitas fisik akan membantu kondisi ginjal tetap prima. Jangan malas untuk memperbanyak gerak badan dan juga olahraga. Olahraga joging di pagi hari bisa Anda lakukan.

Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebihan tidak hanya mengganggu image Anda tetapi juga berisiko untuk kesehatan. Ini karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.

Jauhi Alkohol dan Hindari Rokok

Merokok akan merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain itu rokok dan juga alkohol juga menjadi penyebab utama tubuh Anda terserang berbagai penyakit mengerikan, salah satunya ginjal.

Minumlah Air Putih

Minumlah air putih 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal Anda.

Hindari Stres

Stres yang menyerang Anda membuat tekanan darah menjadi naik. Tekanan darah yang tinggi akan membuat Anda memiliki risiko lebih besar untuk terserang penyakit ginjal.

Menghindari Beberapa Obat Antibiotic dan Anti Nyeri

Usahakan tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri. Ini dikarenakan dapat merusak ginjal Anda atau konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.

Kesehatan organ vital perlu mendapatkan perhatian serius dari kita. Mari manfaatkan Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada 9 Maret 2017 ini sebagai momentum untuk merawat kesehatan ginjal keluarga.

Konsultasikan kesehatan keluarga kepada dokter terbaik di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummu Hani Purbalingga. Hubungi segera Salam Ummu Hani di 0281 891 373 untuk mendapatkan pelayanan segera.[*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *